fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Ketika Membeli Rumah Dengan Over Kredit

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Membeli rumah second bisa menjadi solusi karena harganya dikenal lebih murah dari pembelian rumah baru. Cara yang dapat anda lakukan yakni dengan mencari over kredit rumah atau alih kredit dari pemilik sebelumnya. Namun ada hal penting yakni Kelebihan dan kekurangan beli rumah over kredit.

Untuk pengalihan kredit rumah, biasanya bisa diproses melalui dua pilihan, yaitu melalui bank maupun melalui notaris. Bagi anda yang menginginkan proses pengalihan kredit aman dan terjamin, anda dapat memilih melalui bank. Untuk mengetahui apa saja keuntungan dan kerugian beli rumah over kredit sebagai berikut.

Kelebihan Membeli Rumah Over Kredit

Keuntungan dan kerugian beli rumah over kredit harus dicermati para calon pembeli. Sebagai awalan, ada beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh dari membeli rumah over kredit. Berikut keuntungan beli rumah over kredit.

Surat Hak Milik lebih aman karena masih dalam pengawasan bank

Mengambil rumah over kredit melalui bank memberikan keamanan yang lebih. Khususnya pada kepemilikan hak rumah dimana masih diawasi oleh bank. Bank tidak akan menyerahkan kepada siapapun yang bukan pemiliknya. Kecuali jika terjadi alih kredit dengan bukti adanya surat perjanjian over kredit.

Rumah yang ditawarkan adalah siap huni

Over kredit dikenal sebagai pengalihan kredit dari pemilik pertama kepada calon pembeli rumah. Sehingga rumah yang dijual dari proses over kredit tentunya sudah siap huni. Anda tidak perlu membangun rumah di lahan yang kosong.

Suku bunga kredit KPR cukup rendah

Banyak bank yang menawarkan rumah over kredit dengan suku bunga KPR dengan yang cukup rendah. Hal ini akan meringankan anda dalam membayarkan angsuran setiap bulannya. Terlebih rumah over kredit memiliki harga yang lebih rendah dibanding harga rumah di pasaran.

Baca : Bank KPR Dengan Suku Bunga Terendah

Kerugian Membeli Rumah Over Kredit

Selanjutnya adapula kerugian yang mungkin timbul setelah anda mengambil rumah over kredit. Apa saja kerugian dalam membeli rumah over kredit, simak pembahasannya berikut ini.

Proses pengajuan kredit rumah lebih rumit

Untuk mengajukan over kredit rumah melalui pihak bank memang dibilang cukup rumit. Dimana anda perlu mengajukan segala persyaratan agar bisa disetujui pihak bank. Mulai dari persyaratan dokumen hingga syarat kondisi keuangan pemohon.

Adanya risiko biaya dalam perbaikan rumah

Mengambil over kredit KPR melalui bank harus mematuhi ketentuan dan kebijakan yang dikeluarkan bank. Salah satunya ketika rumah kredit yang anda tinggali tergerus usia, sehingga terjadi kerusakan dibagian-bagian tertentu. Dalam hal ini menjadi tanggung jawab anda, dan anda perlu mengeluarkan biaya untuk memperbaiki rumah.

Biaya tambahan dikenakan apabila hendak alih kredit

Dalam kepengurusan pengalihan kredit atau over kredit rumah terdapat sejumlah proses yang dilakukan bank untuk meninjau berkas pemohon. Dari sekian proses yang ada, pemohon dikenakan biaya-biaya tambahan, seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya asuransi, dan lain-lain.

Sertifikat rumah masih diatas namakan pemilik terdahulu

Sistem over kredit yakni pembeli rumah yang baru melanjutkan pembayaran angsuran yang tersisa dari pemilik sebelumnya. Kekurangannya, anda selaku pemilik rumah baru belum bisa membalik nama sertifikat, karena cicilan belum lunas. Sehingga sertifikat masih tertulis nama pemilik sebelumnya.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Rumah Subsidi

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan ketika membeli rumah dengan over kredit. Sebelum membeli rumah over kredit, anda perlu memperhatikan untung dan ruginya.

Selain itu, anda juga perlu menyiapkan segala persyaratan dan survey lokasi agar mengetahui kondisi rumah yang sebenarnya.

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *