fbpx

Kelebihan dan Kekurangan Tanah Kavling

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Tahukah Anda mengapa banyak orang yang tertarik dengan investasi tanah kavling ? Ya, karena investasi properti tanah diklaim sangat menjanjikan di masa depan. Namun sebelum terjun ke dunia investasi, ada baiknya ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan tanah kavling.

Investasi tanah kavling menjadi bisnis yang paling banyak dilirik oleh banyak kalangan. Tanah kavling dianggap sebagai investasi yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan investasi tanah lainnya.

Kelebihan Investasi Tanah Kavling

Berikut ini adalah kelebihan yang harus Anda ketahui, simak sebagai berikut :

Lebih Murah dari Investasi Rumah

Kelebihan pertama dari investasi tanah kavling yaitu harganya yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan investasi rumah. Ini artinya, Anda bisa mendapatkan tanah yang lebih luas walaupun harganya sebanding dengan investasi rumah.

Kenaikan Harga

Jika Anda memilih berinvestasi dengan tanah kavling, maka itu adalah pilihan yang cerdas. Sebab, sama halnya dengan investasi properti lainnya.

Investasi tanah kavling pun akan mengalami kenaikan harga yang tergantung dari lokasi dan pengembangan daerah sekitar.

Walaupun kenaikan harga tanah berbeda setiap tahunnya, namun dipastikan investasi jenis ini adalah yang paling menguntungkan.

Tidak Membutuhkan Perawatan Rutin

Kelebihan investasi tanah kavling selanjutnya yaitu tidak membutuhkan perawatan secara rutin sehingga tidak akan merepotkan dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Dengan berinvestasi tanah kavling Anda bisa membiarkannya begitu saja, karena tanah petak tersebut sudah masuk ke dalam klaster yang memang dijaga secara langsung oleh pihak keamanan si developer.

Tidak Perlu Takut Diserobot

Satu lagi keuntungan memilih investasi tanah kavling yaitu Anda tidak perlu khawatir tanah kavling diserobot.

Sebab, investasi tanah kavling dari perusahaan pengembang sudah terjamin keamanannya sehingga Anda tidak perlu menjaganya setiap hari karena takut jika tiba-tiba tanah kavling diambil atau dirusak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dapat Disewakan ke Orang Lain

Tahukah Anda bahwa ternyata kelebihan memiliki investasi tanah kavling yaitu dapat dimanfaatkan untuk disewakan ke orang lain.

Tanah petak milik Anda bisa disewakan kepada orang lain jika memang tanah tersebut tidak berada di lingkup klaster perumahan. Tentu saja hal ini akan menguntungkan karena dapat menambah pemasukan.

Mendapatkan Passive Income

Nah, kelebihan satu ini erat kaitannya dengan menyewakan investasi tanah kavling ke pihak lain. Anda bisa menyewakan tanah kavling dan tentunya dengan rutin Anda bisa memperoleh passive income. Sangat lumayan bukan ?

Memperoleh Hasil Pemasukan yang Lain

Mungkin tidak banyak yang menyadari kelebihan investasi tanah kavling satu ini. Ya, investasi tanah kavling bisa dimanfaatkan untuk perkebunan atau pertanian.

Sehingga Anda pun akan mendapatkan pemasukan tambahan dari perolehan hasil bumi yang bisa dimanfaatkan, seperti sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya.

Fasilitas yang Lengkap

Kelebihan invetasi tanah kavling yang terakhir yaitu mendapatkan fasilitas yang lengkap, terlebih jika tanah tersebut berada di klaster perumahan.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi saat memutuskan membangun rumah atau ruko dengan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang didapatkan.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Over Kredit Rumah

Kelebihan dan kekurangan tanah kavling

Kekurangan Investasi Tanah Kavling

Setelah mengetahui kelebihannya, nah berikut ini adalah kekurangannya dari investasi tanah kavling, sebagai berikut :

Aset Non Likuid

Risiko pertama yang harus Anda berani tanggung jika memiliki berinvestasi dengan tanah kavling yaitu tidak mudah dijual dalam waktu singkat.

Tanah termasuk aset non likuid, yang mana tidak mudah dijual dalam waktu singkat layaknya investasi saham atau emas.

Risiko Susah Terjual

Disadari atau tidak, tanah kavling merupakan jenis investasi yang tidak mudah dijual. Risiko susah terjual dapat terjadi oleh berbagai faktor.

Misalnya investasi tanah kavling yang tidak berada di lokasi klaster perumahan, berada di lingkungan sekitar yang tidak berkembang, dan sebagainya.

Dapat Diambil Alih oleh Pihak Lain

Apabila investasi tanah kavling yang Anda miliki berada di luar jangkauan kompleks perumahan, maka risiko satu ini dapat terjadi.

Kekurangan investasi tanah kavling yang bisa saja diambil oleh pihak lain karena tidak ada pihak yang menjaganya. Oleh karena itu, sebaiknya buat pagar pemisah lahan supaya tidak mudah diserobot pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak Bisa Dimanfaatkan

Jika tanah kavling berada di luar area klasster perumahan, maka kemungkinan besar investasi tersebut tidak bisa dimanfaatkan. Tanah kavling yang tidak berlokasi di klaster perumahan tidak bisa dimanfaatkan menjadi tempat usaha.

Tidak Ada Pemasukan Tambahan

Kekurangan investasi tanah kavling berikutnya yaitu tidak adanya pemasukan tambahan. Hal ini dikarenakan Anda tidak dapat memanfaatkan lahan yang dapat dijadikan sebagai ladang usaha yang dapat memberi income tambahan.

Dapat Menjadi Beban Keuangan

Satu lagi yang menjadi kekurangan dari investasi tanah kavling yaitu bisa menjadi beban keuangan saat investasi tersebut tidak menghasilkan.

Bahkan Anda bisa mengalami kerugian jika harus membayar pajak lebih mahal terlebih jika tanah kavling memiliki ukuran yang luas.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat tentang kelebihan dan kekurangan tanah kavling yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk melakukan investasi.

Bagaimana ? Apakah saat ini Anda sudah mempunyai pandangan terkait invetasi tanah kavling ? Semoga informasi ini dapat membantu ya!

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *