fbpx

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Rumah Subsidi – Impian terbesar setiap orang yakni ingin memiliki rumah hak milik sendiri. Solusinya dengan mengambil kredit KPR, dimana KPR memiliki beberapa produknya. Mulai dari KPR subsidi, KPR Komersil, KPR syariah dan lainnya. Hingga kini pun, masih banyak orang yang belum paham apa perbedaan rumah subsidi dan komersil.

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil

Produk rumah subsidi dikenal masyarakat sebagai kredit rumah program dari pemerintah, dimana masyarakat akan mendapat bantuan subsidi.

Sementara rumah komersil lebih mengarah pada kredit rumah konvensional tanpa adanya bantuan dari pemerintah. Perbedaan rumah subsidi dan komersil yang lainnya dapat anda ketahui pada pembahasan berikut ini.

Tipe Rumah yang Ditawarkan

Umumnya tipe rumah subsidi ditawarkan dengan pilihan tipe yang terbatas, mulai dari tipe 21, 24 dan 36 saja. Hal tersebut karena program pemerintah yang memang hanya bisa memberikan subsidi untuk tipe rumah yang kecil.

Berbeda dengan rumah komersil yang menawarkan tipe rumah baik yang terkecil hingga terbesar tanpa batasan.
Pada kredit rumah subsidi ada beberapa kualifikasi bagi pemohon.

Dimana hanya ditujukan pada masyarakat berpenghasilan rendah. Sementara rumah komersil ditujukan untuk masyarakat menengah ke atas dengan penghasilan yang bisa dikatakan berkecukupan.

Baca Juga : Cara Menentukan Tipe Rumah

Harga yang Ditawarkan

Rumah subsidi ditawarkan dengan harga yang murah karena di dalamnya sudah ada bantuan subsidi pemerintah. Untuk angsuran bunga pada rumah subsidi juga digunakan perhitungan bunga tetap yang setiap bulannya tidak berubah sejak cicilan pertama hingga yang terakhir. Hal tersebut memang bertujuan agar tidak memberatkan pemohon rumah subsidi.

Sedangkan pada rumah komersial ditawarkan dengan harga yang bervariasi tergantung tipe rumah yang dipilih. Semakin besar tipe yang dibeli, maka akan semakin mahal pula harganya.

Walaupun anda membeli rumah komersil tipe 21 sekalipun, jika dibandingkan dengan rumah subsidi akan lebih murah rumah subsidi. Hal ini memang wajar, karena rumah komersil ditujukan bagi masyarakat menengah ke atas.

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil

Lokasi yang Ditawarkan

Untuk lokasi yang ditawarkan pada kredit rumah subsidi biasanya terletak di lokasi yang kurang strategis, jauh dari kota serta akses publik. Bahkan terkadang perumahan subsidi terletak di daerah pedesaan.

Sedangkan untuk rumah komersil dikenal memiliki lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan pusat kota serta mudahnya menuju akses publik. Hal ini di karenakan jika rumah komersil, harga rumah yang ditawarkan cukup mahal.

Sehingga developer akan mencarikan lokasi terbaik bagi para penghuninya nanti. Berbeda dengan rumah subsidi yang pemerintah hanya mampu memberikan subsidi perumahan yang terbatas, dan area yang dibangun umumnya di daerah yang jauh dari perkotaan

Dari Segi Renovasi

Untuk perbedaan rumah subsidi dan komersil dilihat dari segi renovasi juga berbeda. Dimana untuk rumah subsidi, pemilik bisa merenovasi rumahnya apabila sudah melewati 2 tahun angsuran.

Baik renovasi kerusakan ataupun renovasi penambahan komponen rumah. Hal tersebut sudah tercantum pada peraturan program pemerintah atas renovasi rumah subsidi.

Sedangkan pada rumah komersil, anda bebas melakukan renovasi tanpa menunggu berapa tahun anda mengangsur cicilan. Renovasi rumah pada rumah komersil juga berguna untuk meningkatkan harga jual, apabila sang pemilik akan menjualnya di kemudian hari.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai perbedaan rumah subsidi dan komersil. Setelah anda mengetahui perbedaan diantara keduanya, kini anda bisa mulai mempertimbangkan pembelian rumah mana yang anda butuhkan.

Apabila anda memilih rumah subsidi, tentunya harus memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah sebagai penerima subsidi rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *