fbpx

Rumah atau Apartemen ? Tentukan Pilihan Terbaikmu

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Memilih hunian tempat tinggal perlu pertimbangan yang matang dari segala aspek. Mulai dari harga bangunan, luas bangunan, kondisi lingkungan hingga risiko terjadinya bencana. Terdapat dua pilihan yang paling banyak diminati masyarakat yakni antara membeli rumah atau apartemen. Kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan mendasar pada rumah atau apartemen dapat dilihat dari model bangunan. Jika bangunan rumah umumnya menapak tanah sementara bangunan apartemen berada beberapa tingkat lantai yang menjulang ke atas.

Jika Anda penasaran mengenai apa saja kelebihan dan kekurangan rumah dan apartemen, mari simak pembahasannya berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah

Rumah merupakan bangunan yang memiliki luas tertentu, dibangun diatas lahan dan dapat dihuni untuk sedikit atau banyak orang.

Sebagai salah satu pilihan bangunan tempat tinggal yang diminati masyarakat, rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan rumah.

Kelebihan Rumah

Berikut ini adalah beberapa kelebihan rumah tinggal, simak sebagai berikut.

Adanya Kepemilikan Atas Lahan

Ketika Anda membeli bangunan baik secara kredit maupun secara cash, Anda dijamin akan mendapatkan hak kepemilikan lahan. Bukan bangunan rumahnya saja yang Anda dapatkan, akan tetapi lahan tanahnya pula bisa menjadi milik Anda secara otomatis. Karena rumah dibangun diatas lahan tanah.

Memberikan Kenyamanan Bagi Penghuni yang Suka Beternak dan Berkebun

Bagi penghuni yang suka beternak hewan ataupun berkebun sangat cocok memilih hunian rumah. biasanya rumah menyediakan lahan pekarangan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk berkebun tanaman ataupun ternak hewan kecil-kecilan.

Rumah Lebih Mudah Diperjualbelikan

Dikarenakan minat masyarakat yang lebih tinggi untuk memilih hunian rumah, maka jual beli rumah sangatlah mudah dilakukan. Anda juga bisa memanfaatkan sertifikat rumah untuk kebutuhan modal rumah tangga.

Lingkungan Sosial Lebih Luas dan Terbuka

Masyarakat banyak yang memiliki rumah baik di pinggiran kota maupun di pusat kota. memiliki rumah dinilai lebih memperlebar jalinan sosial dengan masyarakat sekitar karena area yang lebih luas dan terbuka.

Kekurangan Rumah

Lahan untuk Bangunan Rumah di Pusat Kota Semakin Sulit Ditemukan

Pusat kota kebanyakan diisi oleh bangunan-bangunan pencakar langit, yang menghambat perkembangan pembangunan rumah disekitarnya. Sehingga sulit sekali menemukan hunian rumah yang siap dihuni di pusat perkotaan.

Jika Lokasinya di Pusat Kota Harganya Lebih Mahal

Jikalau Anda beruntung menemukan bangunan rumah yang dijual di pusat kota, Anda pasti akan mengeluarkan kocek yang lebih dalam. Pasalnya, harga rumah di daerah pusat kota lebih mahal dibandingkan yang berada di pinggiran kota.

Risiko Terkena Dampak Banjir

Rumah tapak yang berada di dataran yang rendah rawan terkena banjir. Sehingga Anda perlu persiapan yang ekstra jika memiliki rumah tapak apalagi ketika musim penghujan tiba.

Apabila Anda ingin memiliki rumah tinggal, Anda bisa memilih rumah KPR untuk pilihan tempat tinggal Anda. Lihat persyaratannya di ulasan berikut.

Baca : Persyaratan KPR Yang Wajib Anda Ketahui !

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen

Apartemen merupakan bangunan tempat tinggal yang dibangun beberapa lantai ke atas, dan dikelola oleh suatu perusahaan properti. Apartemen mirip rumah susun, akan tetapi lebih mewah dan memiliki perawatan dari perusahaan setempat. Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan apartemen berikut ini.

Kelebihan Apartemen

Berikutnya adalah kelebihan apartemen yang mungkin saja harus Anda ketahui sebelum tinggal di apartemen, simak ya 🙂

Harga Apartemen Lebih Terjangkau Dibanding Harga Rumah

Setelah dibandingkan rumah atau apartemen, apartemen memiliki perkiraan harga yang relatif lebih terjangkau. hal ini didasarkan pada ukuran apartemen yang lebih kecil daripada bangunan rumah.

Cocok Bagi Penghuni yang Ingin Hunian Praktis

Bangunan apartemen bukan hanya tempat untuk mampir istirahat saja. Di sekelilingnya, dapat Anda temukan beragam fasilitas yang memudahkan Anda untuk memulai aktivitas yang lebih praktis. Seperti tempat gym, supermarket, mall, sekolah, perkantoran, dan sebagainya.

Bebas dari Risiko Bebanjiran

Apartemen dibangun menjulang ke atas dan memiliki banyak lantai. Sehingga apabila musim penghujan tiba Anda tidak perlu khawatir kebanjiran. Apalagi jika Anda tinggal di lantai atas.

Terletak di Pusat Kota yang Strategis

Umumnya apartemen dibangun di tengah-tengah kota yang strategis. Tujuannya untuk memudahkan akses para penghuninya untuk bekerja ataupun menuntut pendidikan.

Kekurangan Apartemen

Lingkungan Sosial yang Terbatas

Pada umumnya, para penghuni apartemen memiliki pekerjaan yang cukup sibuk yang menyebabkan waktu sosial mereka dengan lingkungan sekitar terpangkas. Alasan lainnya yakni karena kondisi apartemen yang lebih terjaga privasinya dan tidak sebebas lingkungan di rumah-rumah.

Tidak Diperkenankan Memelihara Hewan

Memelihara hewan di apartemen adalah hal yang dilarang. Karena apartemen memiliki ruang gerak yang terbatas yang nantinya bisa menimbulkan stress pada hewan peliharaan.

Dikenakan Biaya Maintenance dan Layanan yang Cukup Tinggi Tiap Bulan

Biaya perawatan serta layanan di dalam apartemen memiliki nilai yang cukup tinggi. Didukung dengan fasilitas yang mumpuni, membuat tagihan perbulan Anda semakin membengkak.

Risiko terkena dampak gempa

Apabila terjadi bencana gempa bumi, bangunan apartemen sangat riskan mengalami kerusakan yang parah. Karena bangunan yang tinggi, bisa jadi jika gempa datang, bangunan akan roboh.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari rumah dan apartemen. Perbandingan antara kelebihan dan kekurangan dari masing-masing hunian diatas bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli bangunan tempat tinggal. Tentukan pilihan Anda sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial dalam pembeliannya.

Lalu, mana pilihan terbaik Anda ? 🙂

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *