fbpx

Tips & Cara Membeli Rumah Bekas

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Terkadang, kita berpikir bahwa dalam membeli rumah baru memang membutuhkan biaya yang besar. Sehingga jalan alternatifnya yakni membeli rumah bekas. Anda pun masih perlu menyesuaikan budget, karena rumah bekas yang berlokasi strategis pun masih laku dengan harga tinggi. Selain itu adapula tips membeli rumah bekas lainnya yang perlu anda ketahui.

Tips Membeli Rumah Bekas

Ada banyak hal yang harus anda perhatikan dalam membeli rumah yang sudah pernah terpakai atau rumah bekas. Mulai dari memperhatikan harga yang ditawarkan, lokasi rumahnya, kelengkapan dokumen dan sebagainya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan menghindari penipuan yang marak dilakukan oleh oknum-oknum nakal. Berikut ini beberapa tips membeli rumah bekas yang perlu anda ketahui.

Cermati Anggaran Hunian

Rumah bekas tidak selalu dijual dalam keadaan yang baik dan terawat. Banyak pengalaman orang-orang ketika membeli rumah bekas tergiur dengan harga yang terjangkau, akan tetapi kondisi rumah masih banyak yang harus direnovasi.

Apabila anda tertarik membeli rumah dengan kondisi seperti itu pun tidak masalah. Asalkan anggaran yang telah anda perhitungan sudah sesuai dengan apa yang telah anda rencanakan sebelumnya.

Pastikan Dokumen Rumah Lengkap

Sebelum membeli rumah bekas pada pemilik sebelumnya, anda harus memeriksa kelengkapan dokumen yang dimilikinya. Seperti dokumen sertifikat tanah dan bangunan dan surat izin mendirikan bangunan. Kemudian anda juga harus memastikan bahwa kepemilikan pada sertifikat sesuai dengan KTP pemilik.

Tips Membeli Rumah Bekas

Baca : Cara Menabung Dengan Cerdas untuk Beli Rumah

Cara memastikannya anda bisa menanyakannya secara langsung pada pemiliknya secara mendetail. Tidak hanya itu, anda juga perlu memastikan bahwa kelengkapan dokumen dari rumah tersebut tidak bermasalah. Contohnya seperti dalam pengawasan bank atau bahkan dokumen palsu.

Cari Gambaran Rumah Ideal

Setiap orang pasti memiliki keinginan masing-masing dalam memilih model hunian rumah. Begitu pula ketika anda membeli rumah bekas, dimana anda pasti mencari rumah yang nyaman. Akan tetapi tidak semua rumah yang anda idam-idamkan sesuai dengan gambaran kita.

Sehingga jalan terakhirnya, tidak masalah apabila anda membeli rumah bekas dengan kondisi yang mendukung dengan tipe ideal yang telah anda inginkan. Asalkan rumah yang anda beli memiliki lokasi yang dekat dengan akses publik, seperti pasar, jalan raya, pertokoan dan lain-lain.

Periksa Kondisi Sebelum Beli Rumah

Tips membeli rumah bekas yang paling penting adalah memeriksa seluruh kondisi dan keadaan rumah yang akan anda beli. Jika anda tidak paham mengenai penilaian kondisi bangunan, maka ketika survey anda bisa mengajak rekan yang paham akan struktur bangunan. mulai dari pondasi, kerangka bangunan, dan bagian-bagian lainnya.

Hal ini bertujuan untuk mempertimbangkan apakah rumah tersebut bisa bertahan untuk beberapa tahun kedepannya. Karena biasanya bangunan rumah bekas yang dijual tidak selalu berusia muda, bahkan adapula rumah yang sudah dibuat dalam tahun yang lama.

Hitung Biaya Ekstra yang Harus Dikeluarkan

Dalam membeli rumah bekas, anda tidak hanya mengeluarkan uang untuk membayar biaya seharga rumah tersebut. akan tetapi masih ada biaya-biaya lainnya yang tidak sedikit akan dikeluarkan. Mulai dari biaya pengecekan sertifikat tanah apakah bermasalah atau tidak. Dimana pengecekan ini akan membutuhkan biaya berkisar ratusan ribu rupiah.

Kemudian juga adanya biaya pembuatan akta jual beli di hadapan notaris dan PPAT, biaya balik nama, pajak PPh dan BPHTB, biaya BNBP, dan juga biaya renovasi rumah apabila dibutuhkan.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai tips membeli rumah bekas. Beberapa tips diatas dalam pembelian rumah bekas bisa anda ketahui untuk mengantisipasi segala risiko yang akan terjadi. Karena tidak semuanya penjual rumah bekas memiliki niat yang tulus. Jadi, carilah penjual rumah bekas yang aman dan terpercaya.

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *