fbpx

Tips Menyewakan Rumah

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Ketika anda memiliki beberapa bangunan rumah, alangkah baiknya jika disewakan pada orang lain. Tujuannya yakni memberikan orang tempat tinggal dan rumah menjadi tidak kosong. Selain itu, anda juga akan mendapatkan penghasilan tambahan lewat sewa bulanan yang dibayar penyewa. Namun sebelum menyewakan, anda perlu mengetahui tips menyewakan rumah.

Tips Menyewakan Rumah Dengan Cepat

Bagi anda yang belum pernah menyewakan rumah, kini anda perlu membekali diri dengan beberapa tips menyewakan rumah.

Karena sejatinya rumah yang disewakan juga membutuhkan usaha seperti renovasi, memasarkan rumah sewa, serta penetapan harga sewa bulanan. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Melakukan Pengecekan Kondisi Rumah

Tips pertama sebelum anda menyewakan rumah adalah mengecek terlebih dahulu kondisi rumah anda. Mulai dari kondisi luar rumah maupun di dalam rumah.

Pastikan jika rumah tidak ada kerusakan sebelum diserahkan pada penyewa. Misalnya genteng tidak ada kebocoran saat hujan, cat dinding tidak usang, ataupun bagian lantai juga dalam kondisi yang baik.

Jika ada beberapa kerusakan, sebaiknya segera diperbaiki. Renovasi rumah menjadi salah satu cara untuk meningkatkan harga sewa.

Walaupun dalam hal ini anda harus mengeluarkan modal untuk memperbaikinya. Semakin baik kondisi rumah yang hendak disewakan, maka akan semakin tinggi pula penawaran harga sewanya.

Melakukan Pemasaran

Selanjutnya dalam tips menyewakan rumah yaitu anda bisa mulai memasarkan rumah yang hendak anda sewakan. Pemasaran rumah sewa bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Mulai dari memasang tulisan “disewakan” di depan rumah, memasarkan di media cetak dan media sosial, atau anda bisa memasarkan ke agen property terdekat.

Umumnya rumah sewa yang berada di pinggir jalan atau lokasi yang strategis, cukup dengan memasang tulisan disewakan/dikontrakkan saja.

Karena banyak orang yang berminat untuk menyewa rumah yang dekat dengan akses publik. Perlu diperhatikan, pemasaran ini bisa anda lakukan setelah rumah yang anda renovasi telah selesai.

Tips Menyewakan Rumah dengan cepat dan mudah
Baca Juga : Tips Membeli Rumah Bekas dengan aman

Menentukan Harga Sewa

Yang paling penting dalam menyewakan rumah yakni menentukan harga sewa yang pas. Penentuan harga sewa ini bisa di analisis melalui kondisi rumah, luas rumah, fasilitas didalamnya serta lokasi rumah tersebut.

Misalnya pada kondisi rumah sewa yang baik akan memberikan nilai jual atau harga sewa yang baik pula. Kembali lagi pada renovasi yang telah anda sebelumnya, apakah sudah maksimal atau belum.

Faktor lainnya yang paling mempengaruhi penentuan harga sewa rumah adalah lokasi. Apabila rumah berada di lokasi yang strategis, di tepi jalan, atau dekat dengan akses public, dipastikan harga sewa akan tinggi. Sebaliknya, jika rumah sewa berada di tempat terpencil kemungkinan harga akan lebih rendah.

Melakukan Administrasi

Tips selanjutnya adalah melakukan administrasi. Point ini dilakukan apabila anda telah menemukan calon penyewa rumah.

Hal ini dikarenakan menyangkut dengan aset, maka anda perlu mengurus berkas administrasi calon penyewa rumah secara hukum. Caranya dengan memberikan persyaratan dokumen yang harus dipenuhi oleh calon penyewa.

Misalnya menyerahkan fotokopi identitas diri si penyewa, membuat surat perjanjian kontrak, kesepakatan harga sewa, beberapa biaya tambahan serta waktu pembayaran sewa bulanan.

Surat perjanjian sewa juga harus ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai. Dengan begitu perjanjian sewa rumah akan lebih legal dan terlindungi oleh hukum.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai tips menyewakan rumah. beberapa tips diatas dapat anda coba sebelum anda menyewakan bangunan rumah anda yang tidak terpakai.

Tujuannya agar anda tidak terjebak pada kesalahan yang sering terjadi dalam penyewaan rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on telegram
Telegram
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *